Mengetahui Gejala Bronkitis dan Cara Mencegah Penyakit Bronkitis


Semakin berkurangnya kualitas udara ditambah dengan buruknya pola hidup menjadikan penyakit lebih mudah menyerang tubuh. Begitu juga dengan organ pernapasan yang bisa saja terserang bronkitis. Sayangnya, tidak semua dari kita tahu betul apa saja gejala bronkitis tersebut.
Mengetahui Gejala Bronkitis
Penyakit bronkitis sebenarnya terbagi dua, yakni bronkitis akut dan bronkitis kronis. Bronkitis akut adalah bronkitis yang paling umum terjadi, biasanya sembuh dalam waktu beberapa minggu. Akan tetapi untuk bronkitis kronis, dibutuhkan waktu lebih lama dan pengobatan khusus. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya bronkitis.

Berhenti merokok 

Merokok adalah salah satu penyebab dari bronkitis kronis. Ketika seseorang merokok, ia menghirup asap tembakau. Asap yang dihirup menyebabkan iritasi pada saluran udara dan memproduksi lendir, yang kemudian mengembangkan bronkitis. 

Sebenarnya bukan hanya bronkitis, tetapi penyakit lain yang menyerang saluran pernapasan juga sering disebabkan oleh rokok. Oleh karena itu, berhentilah merokok dan mulailah memenuhi hak pernapasan Anda untuk menghirup udara bersih. 

Menghindari asap rokok 

Jika Anda tidak ingin meningkatkan pada resiko akan terkena gangguan penyakit bronkitis, maka sebaiknya menghindari kebiasaan merokok ataupun paparan dari asap rokok dari orang–orang yang di sekitar Anda. Untuk mengakalinya, Anda bisa mengenakan masker ketika harus bepergian dengan jarak yang cukup jauh. 

Mendapat vaksin 

Beberapa pada kasus bronkitis akut telah terjadi akibat adanya infeksi virus maupun bakteri, salah satu yang paling umum adalah virus influenza. Untuk mencegah hal itu, maka sebaiknya jika kalian mendapatkan vaksinasi flu pada setiap tahun guna menghindari pada paparan infeksi virus dari penyebab flu. 

Memperhatikan asupan gizi dari makanan 

Mengonsumsi makanan dengan gizi yang cukup dan seimbang tentu sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama dalam rangka meningkatkan imunitas. Sistem kekebalan tubuh sangat penting karena menjadi garda terdepan dalam melindungi seseorang terinfeksi oleh virus penyebab penyakit. Oleh karena itu, ada kemungkinan kurang tertular penyakit. Sertakan buah-buahan segar, sayuran, kacang-kacangan, dalam konsumsi makanan Anda sehari-hari. 

Menjaga kebersihan 

Karena bronkitis disebabkan infeksi virus, Anda harus mengikuti langkah-langkah tertentu untuk menghindari infeksi. Misalnya Anda harus menggunakan sapu tangan ketika bersin atau batuk, mencuci tangan, dan juga menggunakan pembersih. Jika ada teman Anda yang terkena bronkitis, maka usahakan untuk tidak berbagi barang pribadi dan pakaian dengannya. 

Mengenakan masker 

Mengenakan masker bermanfaat untuk mencegah polusi udara seperti debu, asap-asap kendaraan, dari memasuki saluran pernapasan. Terlebih bagi orang yang bekerja di industri logam atau batu tambang, penggunaan masker menjadi sangat krusial. Hal itu karena orang-orang yang bekerja di industri logam memiliki risiko tinggi tertular bronkitis. 

Ketika Anda hendak bepergian jauh pun, idealnya Anda juga mengenakan masker meski Anda bepergian menggunakan mobil. Masker akan meminimalisasi partikel-partikel merugikan yang ada di udara memasuki tubuh Anda, sehingga pernapasan Anda juga dapat lebih terjaga. 

Menjaga jarak dengan penderita 

Salah satu penyebab dari bronkitis adalah infeksi virus. Virus ini membuat suatu penyakit menyebar lebih cepat dari satu orang ke orang lain. Oleh karena itu, Anda harus sedikit menjaga jarak dengan orang yang terkena infeksi virus tersebut. Bagi Anda yang telah terinfeksi, juga sebaiknya menggunakan masker agar orang-orang di sekeliling Anda tidak tertular. 

Demikianlah beberapa poin penting yang perlu diperhatikan untuk mencegah adanya penyakit bronkitis. Semoga informasi di atas bermanfaat ya!
Mengetahui Gejala Bronkitis dan Cara Mencegah Penyakit Bronkitis Mengetahui Gejala Bronkitis dan Cara Mencegah Penyakit Bronkitis Reviewed by buyazen on Mei 12, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.