Rumah Tahan Banjir Saat Musim Hujan

Puncak musim hujan dengan curah tinggi sudah tiba. Hal ini menyebabkan sejumlah daerah rawan merasakan banjir dan turut merendam lokasi tinggal warga. Oleh karena itu, supaya terbebas dari ancaman banjir, maka butuh disiasati dengan sejumlah cara.
Design Director Atelier Riri, Novriansyah Yakub mengatakan, siasat kesatu yang mesti dilakukan ialah meninggikan pondasi lokasi tinggal dari level jalan. Menurutnya, pastikan elevasi bangunan tidak melebihi dari aturan yaitu maksimal 1,2 meter dari permukaan jalan. Siasat ini supaya menghambat jalannya air masuk ke dalam rumah.

"Yang tentu kesatu mesti diusung dari level jalan. Maksimal bila enggak salah 1,2 meter tingginya dari jalan diperbolehkan. Kalau di atas 1,2 meter dihitung lantai," ujarnya.

Siasat kedua, lanjut dia, usahakan rumah pun harus memiliki sumur-sumur resapan. Bila ini dilakukan, maka lingkungan selama tetap terjaga dari melimpahnya air limbah yang bersumber baik tersebut dari dalam lokasi tinggal maupun lingkungan sekitar.

"Sehingga air yang terdapat di lingkungan, bila over, enggak naik. Jadi air dari dalam lokasi tinggal atau plumping-plumping rumah tersebut masuk ke resapan dulu, baru langsung turun ke bawah," tuturnya.

Akan namun di luar tersebut semua, ungkap Riri, terdapat poin terpenting supaya rumah terhindar banjir, yaitu bergantung pada lingkungan tersebut sendiri. Oleh karena itu, dia mengimbau usahakan supaya lebih menyimak lingkungan keseluruhan merangkum kota tersebut sendiri. Pasalnya, bila lingkungan kota tersebut sendiri tidak sehat, maka pasti akan memberikan akibat tidak melulu pada satu lokasi tinggal saja, namun pun pada semua lingkungan di sekitarnya.

"Jangan memberi beban pada ruang sekitar lokasi tinggal dengan air limbah yang punya kita. Jadi air limbah tersebut kita buang ke resapan. Standar DKI kini semuanya telah harus mensyaratkan begitu. Dengan begitu, air di dalam tanah tidak jenuh," pungkasnya
Rumah Tahan Banjir Saat Musim Hujan Rumah Tahan Banjir Saat Musim Hujan Reviewed by buyazen on Mei 17, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.