Perusahaan yang Utamakan Kesetaraan Gender Bisa Untung Lebih Besar


Perusahaan-perusahaan yang mengkhususkan keberagaman gender berpotensimendapat  keuntungan keuangan khusus dibanding perusahaan yang mengenyampingkan prinsip keberagaman gender tersebut.

Hal itu diungkapkan Presiden Direktur dan CEO TelkomTelstra Erik Meijer forum diskusi Indonesian Women’s Forum 2018 yang dilangsungkan di Jakarta.

Dia mengatakan, perusahaan yang sedang di posisi 25 persen teratas dalam keberagaman gender memiliki bisa jadi lebih besar untuk memiliki keuntungan keuangan di atas rata-rata.

Berbagai keuntungan keuangan itu antara lain penambahan kualitas kinerja organisasi, perluasan cakupan talenta sumber daya manusia, kepuasan pegawai, inovasi dan kreativitas, efektivitas penciptaan keputusan, serta perbaikan citra perusahaan tersebut sendiri.

“Adanya keberagaman gender sebetulnya dapat menambah kinerja organisasi,sebab perusahaan bisa memperluas cakupan talent sumber daya manusia,menambah kepuasan pegawai, menambah inovasi dan kreativitas, menambah efektivitas penciptaan keputusan, serta memperkuat citra perusahaantersebut sendiri,” ujar dia dalam penjelasan tertulis di Jakarta.

Erik mengungkapkan, sekitar ini, beberapa besar wanita dalam lingkungan kerja sering kali merasa tidak dapat berkembang, menemukan kesempatan, dan dipromosikan guna jenjang karir yang lebih tinggi sebab masalah gender.

"Di sisi lain, tidak sedikit laki-laki di lingkungan kerja yang tidakmengetahui situasi wanita di dunia kerja, sampai-sampai mereka belummemiliki komitmen terhadap isu keberagaman gender. Padahal isu ini tidak bisa dibicarakan bilamana tidak memboncengkan peran laki-laki di dalamnya," kata dia.

Berdasarkan Forum Group Discussion yang dilaksanakan di dalam Indonesian Women’s Forum 2018, ditentukan enam poin rekomendasi kepandaian yangbisa diaplikasikan oleh perusahaan di Indonesia untuk menambah keberagaman gender di lingkungan kerja.

Rekomendasi jangka pendek antara lain, kesatu, keberagaman gender menjadidi antara komitmen perusahaan dengan target dan strategi yang terukur. Kedua, proses rekrutmen dan promosi transparan dengan metodologi dankriteria yang telah diumumkan.

Ketiga, merealisasikan waktu kerja yang fleksibel, baik masa-masa dan tempat, dengan membina sistem penyokong yang terintegrasi baik dalam pengawasan, pengukuran target, dan kemudahan pendukung yang jelas (tergantung dengan jenis pekerjaan).

Sedangkan rekomendasi jangka panjang antara lain, kesatu, dalam jangkamasa-masa enam bulan, disusun Satuan Kerja Anti Pelecehan yang disponsori dan dipimpin oleh pengambil keputusan (leadership team) dan HR untuk menciptakan komunitas internal.

Kedua, menjadikan Support Gender Diversity sebagai di antara KPI untukmasing-masing manajer. Ketiga, adanya program perusahaan yangbersangkutan dengan keberagaman gender yang bisa diturunkan ke dalam KPI karyawan, lantas dipertanggung jawabkan secara internal dan eksternal dalam format annual report, namun KPI itu harus melewati prosesevaluasi terlebih dahulu.

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise mengaku adanya forum diskusi semacam ini sangat urgen dalammenyokong Indonesia menjangkau Sustainable Development Goals, terutama nomor 5.1 berhubungan women and gender equality.

“Seharusnya kita dapat menggunakannya sebagai role model guna memberikanilham kepada perusahaan-perusahaan beda di Indonesia berhubungan topikurgen ini,” tandas dia.
Perusahaan yang Utamakan Kesetaraan Gender Bisa Untung Lebih Besar Perusahaan yang Utamakan Kesetaraan Gender Bisa Untung Lebih Besar Reviewed by buyazen on Agustus 28, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.